7 Pekerjaan Bidang IT yang Paling Menjanjikan 2022

7-Pekerjaan-Bidang-IT-yang-Paling-Menjanjikan-2022

Bagi seseorang yang menyukai bidang IT atau lulusan jurusan tersebut, pasti ingin tahu peluang profesinya. Mengingat sekarang sudah zamannya teknologi, jadi, pekerjaan bidang IT tentu sangat dibutuhkan.

Apalagi seseorang yang memiliki skill khusus dalam bidang tertentu. Misalnya ahli dalam mendesain pemograman, menganalisis, dan lain sebagainya. Jika demikian, biasanya tidak akan sulit mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan, bahkan dengan gaji yang besar.

Pekerjaan Bidang IT Paling Favorit dan Bergaji Tinggi

Pekerjaan IT adalah bidang profesi yang bertanggung jawab dalam hal pengembangan sistem jaringan. Selain itu, juga pada peningkatan dan evaluasi objek komputer, instalasi, dan juga software.

Melihat dari tanggung jawabnya, sudah pasti pekerjaan ini sangat penting sekali dalam sebuah perusahaan. Jadi, tidak dipungkiri lagi bahwa pekerjaan IT cukup menjanjikan untuk sekarang dan ke depannya. Berikut ini beberapa contoh profesinya.

1.     Pekerjaan Bidang IT Information Security Analyst

Jika terdapat file penting yang tersimpan dalam platform digital, maka risikonya akan semakin besar. Apalagi sedang maraknya cyber atau penjahat digital yang bisa membobol file-file penting tersebut.

Oleh karena itu, profesi sebagai Information Security Analyst dibutuhkan. Hal itu demi keamanan dari berbagai macam resiko. Dalam tugasnya profesi ini Harus berpikir kreatif dan juga teliti untuk memastikan tidak ada yang dapat membahayakan sistem.

Jika ingin bekerja dalam bidang ini, maka seorang tersebut harus kuliah di bidang ilmu komputer atau teknologi informasi. Selain itu, juga harus mengikuti berbagai program sertifikasi.

2.     Artificial Intelligence (AI) atau Machine Learning Engineer (ML)

AI dan ML termasuk teknologi canggih yang dapat mempermudah segala urusan manusia. Selain itu, melihat dari situs LinkedIn, kebutuhan insinyur pada bidang AI dan ML meningkat sampai tiga kali lipat.

Sedangkan, tugas dari profesi ini ialah mengidentifikasi kebutuhan sampai merancang sebuah sistem kecerdasan buatan. Tujuannya untuk mencari solusi yang efisien dalam mempermudah segala urusan. Jika ingin bekerja di bidang ini maka harus mempunyai ijazah Master dan segudang kemampuan serta pengalaman.

3.     Data Scientist

Pekerjaan bidang IT ini selalu ada yang membutuhkannya. Hal itu karena Data Scientist termasuk kunci dari berbagai jenis industri serta perkembangan teknologi. Tugasnya ialah mengumpulkan, menganalisis serta mengambil kesimpulan dari berbagai jenis data.

Kemudian, hasil riset akan berguna sebagai dasar untuk mengembangkan teknologi baru. Jika ingin berada di bidang ini, maka harus mempunyai tingkat ketelitian dan juga kecerdasan yang tinggi.

Selain itu, juga harus memenuhi gelar S1 jurusan ilmu komputer, statistika, atau matematika. Tentunya hal tersebut juga seimbang dengan pengalamannya, termasuk dalam bidang coding.

4.     Pekerjaan Bidang IT Programmer Analyst

Profesi sebagai programmer analyst mungkin sudah tidak asing di telinga banyak orang. Namun, apakah sudah tahu mengenai tugas dari seorang Programmer Analyst?

Tugasnya adalah membuat desain dan menyusun kode untuk mengimplementasikannya pada program baru. Selain itu, juga harus mendokumentasikannya melalui diagram dan flowchart.

Jadi, jika terjadi masalah dengan sistem informasi, maka profesi ini yang bertanggung jawab untuk menemukan titik masalahnya. Dengan begitu, pemahaman dalam bahasa pemrograman termasuk salah satu kemampuan wajib dalam  profesi ini.

5.     Software Development Engineer

Pekerjaan IT selain Programmer Analyst adalah sebagai Software Development Engineer. Tugasnya tentu yang berkaitan dengan berbagai macam software. Jadi, tidak hanya kemampuan programming, tetapi juga membutuhkan skill testing dan operasional.

Biasanya yang berada pada profesi ini ialah lulusan ilmu komputer dan wajib menguasai berbagai bahasa pemrograman. Jika pada jenis software yang kompleks, maka terkadang memerlukan data pendidikan dan pengalaman yang lebih tinggi serta mumpuni.

6.     Computer Hardware Engineer

Pekerjaan IT selanjutnya adalah Computer Hardware Engineer. Profesi ini cukup banyak yang membutuhkannya, karena software tanpa hardware tentu tidak lengkap. Maka dari itu, termasuk profesi yang menjanjikan sampai ke masa depan.

Jika ingin bekerja di bidang ini, maka harus mempunyai gelar sarjana ilmu komputer. Selain itu, juga wajib menguasai berbagai macam bahasa pemrograman. Sedangkan, skill yang paling utama adalah kemampuan dalam menganalisis, teknikal, dan komunikasi.

7.     Cloud Architect

Pengertian dari Cloud Architect adalah seorang insinyur IT yang bertanggung jawab untuk memimpin semua proses kerja cloud computing. Mulai dari proses desain, pengaturan budget, pengembangan, sampai mitigasi risiko.

Dengan tanggung jawabnya yang besar, tidak heran jika bidang ini termasuk pekerjaan IT dengan gaji tertinggi. Gajinya bisa dari 35 juta sampai 50 juta rupiah.

Jika ingin berada di pekerjaan bidang IT ini, maka harus mempunyai latar pendidikan Master dalam bidang cloud architecture. Selain itu, juga bisa mengikuti berbagai program sertifikasi.

You Might Also Like

5 Comments

  1. Sugar Defender Reviews

    I think every concept you put up in your post is strong and will undoubtedly be implemented. Still, the posts are too brief for inexperienced readers. Would you kindly extend them a little bit from now on? I appreciate the post.

  2. Analytical & Research Agency

    It’s very interesting! If you need help, look here: ARA Agency

Leave a Reply